Mencegah Patahnya Mata Bor dengan Mata Bor Set yang Tepat

mencegah patahnya mata bor dengan mata bor set yang tepat

Mengebor besi atau logam bisa menjadi tugas yang menantang, terutama bagi mereka yang baru mengenalnya. Untuk menunjang kegiatan itu, sekarang banyak sekali jenis mata bor besi yang tersedia di pasaran. Mulai dari mata bor HSS hingga mata bor kobalt, bahkan banyak pilihan yang tidak terbatas.

Saat ini di pasaran terdapat banyak pilihan 1 set mata bor besi yang beraneka ragam isinya. Mata bor ini bervariasi berdasarkan ukuran, bentuk, dan sudut titik bor. Seringkali ketika menggunakan mata bor besi, alat satu ini patah atau aus dengan cepat jika tidak digunakan dengan benar. Oleh karena itu, penting untuk memilih satu set mata bor besi yang tepat untuk mencegah patahnya mata bor dan memastikan hasil yang optimal.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Mata Bor Besi 1 Set

hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih mata bor besi 1 set

Untuk memastikan keberhasilan proyek Anda dan untuk pengguna yang baru saja belajar mengenai pengeboran, memilih mata bor yang tepat untuk logam sangatlah penting. Di bawah ini adalah beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan dalam memilih mata bor untuk besi:

1. Material

Ketika memilih mata bor besi, perhatikan bahan materialnya. Mata bor besi umumnya terbuat dari baja kecepatan tinggi atau karbida. Meski demikian, mata bor yang berbeda memiliki sifat dan aplikasi yang berbeda, akan membuatnya berbeda satu sama lain. Di bawah ini contoh berbagai jenis bahan material mata bor dan aplikasinya.

  • Baja Berkecepatan tinggi (High Speed Steel-HSS)

Salah satu mata bor paling populer karena aplikasinya yang menyeluruh dan aplikasi yang beragam. Baja kecepatan tinggi lebih cocok untuk mengebor bahan yang lebih ringan, seperti aluminium atau baja ringan.

  • Karbida

Bahan mata bor ini lebih cocok untuk mengebor bahan yang lebih keras dan sulit seperti besi tua atau baja karbon. 

2. Coating

Lapisan mata bor atau coating juga merupakan aspek penting untuk dibahas. Ini akan menutupi mata bor dan membantu mengurangi gesekan dan keausan. Sebagian besar mata bor biasanya memiliki titanium sebagai pelapis untuk mengurangi panas berlebih dan meningkatkan produktivitas.

  • Tanpa Lapisan (Uncoated)

Mata bor yang tanpa lapisan umumnya untuk memotong plastik, kayu, dan logam lunak seperti aluminium. Karena bahan yang akan dibor biasanya memiliki kepadatan dan kekuatan yang rendah, maka mata bor tanpa lapisan (uncoated) dapat bekerja dengan baik.

  • Black Oxide

Merupakan lapisan tipis yang dibentuk melalui oksidasi besi pada suhu yang sangat tinggi. Coating ini memberikan perlindungan pada permukaan mata bor dari korosi dan karat serta meningkatkan kemampuan mata bor dalam menahan suhu tinggi.

  • Titanium Nitride (TiN)

Coating ini merupakan salah satu jenis coating yang populer. TiN memberikan perlindungan tambahan pada mata bor dengan sifat anti karat, anti korosi dan meningkatkan ketahanan terhadap panas dan keausan.

  • Titanium Aluminum Nitride (TiAlN)

Jenis coating ini merupakan salah satu dari bahan coating terkuat. Salah satunya dari tingkat kekerasan, ketahanan panas, ketahanan korosi, mengurangi gesekan, dan penampilan yang menarik. Penggunaan coating berbahan Titanium aluminum nitride sangat cocok untuk memotong besi yang lebih kuat dan lebih lembut. 

3. Bentuk Mata Bor

Mata bor besi umumnya tersedia dalam beberapa bentuk, seperti spiral, cekung, dan taper shank. Bentuk mata bor ini menentukan jenis potongan yang berlaku untuk logam atau besi yang akan Anda potong.

  • Bentuk Spiral

Mata bor spiral paling umum digunakan dan paling sering ditemukan dengan kemiringan sudut 30 derajat. Mata bor spiral memiliki ujung yang tajam dan gigi yang berkelanjutan sepanjang alat, yang memudahkan untuk mengebor lubang yang lebih dalam dan akurat. 

  • Bentuk Cekung

Mata bor cekung, di sisi lain, memiliki bentuk cembung di bagian ujungnya, yang memungkinkan alat ini untuk mengebor lubang dengan ukuran yang lebih besar.

  • Bentuk Taper Shank

Bentuk taper shank memiliki bentuk kerucut dan digunakan untuk mengebor lubang dengan diameter yang lebih besar.

Baca Juga: Jangan Salah! Begini Cara Membedakan Mata Bor Besi dan Beton

Tips Menggunakan Mata Bor Besi atau Logam

tips menggunakan mata bor besi atau logam

Membeli mata bor saja sudah bisa jadi menjadi hal yang sulit, terutama jika seorang awam yang secara pribadi tidak bisa membedakan desain profil mata bor, jenis bahan, dan teknis pengaplikasiannya. Di bawah ini adalah beberapa tips yang terbukti berguna dalam penggunaaan mata bor besi:

  1. Ukuran Mata Bor

Mata bor besi tersedia dalam berbagai ukuran dan diameter, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Pilihlah ukuran mata bor besi yang sesuai dengan ukuran lubang yang ingin dibuat. Menggunakan mata bor besi yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat menyebabkan patah atau kerusakan pada alat dan bahkan menyebabkan kecelakaan.

  1. Memberi Pelumas

Untuk mencegah patahnya mata bor, biasakan memberi pelumas saat mengebor terlebih untuk proyek mengebor yang berbahan logam. Hal ini bertujuan untuk mengurangi keausan pada mata bor pada saat bergesekan, sehingga akan mengurangi panas yang berlebih dan juga akan memeperpanjang umur pakai mata bor.

  1. Kebersihan Mata Bor

Pastikan bahwa mata bor besi yang digunakan dalam kondisi yang baik dan terawat dengan baik. Setelah selesai digunakan, bersihkan mata bor besi dari debu dan kotoran untuk memastikan bahwa alat tersebut tetap tajam dan siap digunakan untuk proyek berikutnya. Juga, hindari menyimpan mata bor besi bersama-sama dengan alat lain yang dapat merusaknya.

  1. Teknis Aplikasi

Penting juga untuk menggunakan teknik yang benar saat mengebor dengan mata bor besi. Pastikan alat diposisikan dengan benar, dan gunakan tekanan yang cukup namun tidak terlalu kuat saat mengebor. Menggunakan tekanan yang terlalu kuat dapat menyebabkan patahnya mata bor atau bahkan merusak benda yang sedang dikerjakan.

  1. Mengasah Mata Bor

Untuk mengasah mata bor agar lebih tajam, dapat menggunakan mesin gerinda. Menjaga ujung mata bor tetap tajam berfungsi untuk menjaga agar dapat memotong lebih baik dan meningkatkan umur simpan mata bor. Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat mengasah mata bor antara lain: menggunakan pengasah yang tepat, memeriksa sudut mata bor, jangan terlalu keras dalam mengasah, dan menggunakan air sebagai pelumas.

Dalam memilih mata bor besi yang tepat, ada baiknya untuk berinvestasi dalam set mata bor yang terdiri dari berbagai ukuran dan jenis mata bor. Mata bor besi 1 set biasanya terdiri dari beberapa mata bor dengan ukuran dan jenis yang berbeda. Lalu jika pembelian 1 set biasanya cocok untuk digunakan dalam berbagai jenis proyek.

Dengan memiliki set mata bor yang tepat, maka Anda dapat memilih mata bor yang paling sesuai dengan pekerjaan yang akan Anda lakukan. Jika Anda selalu menggunakan mata yang sesuai dan aman, sudah dapat dipastikan bahwa mata bor tersebut memiliki kualitas yang baik dan tahan lama.

Kesimpulannya, memilih mata bor besi yang tepat sangat penting untuk mencegah patahnya mata bor. Terlebih jika patahnya mata bor tersebut terjadi di lubang. Pastikan selalu untuk memilih jenis mata bor yang sesuai dengan jenis benda yang akan dibor, memilih material mata bor yang berkualitas, memilih coating yang tepat, dan memilih ukuran mata bor yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.

Dengan memilih mata bor yang tepat, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan keberhasilan pekerjaan Anda, serta akan menghemat waktu dan biaya yang mungkin terbuang karena patahnya mata bor. Ingcotools akan membantu Anda untuk dalam memilih mata bor yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu

Join INGCOmmunity Join INGCOmmunity