Tips Memilih dan Mengetahui Paket Mata Bor yang Berkualitas

tips memilih dan mengetahui paket mata bor yang berkualitas

Mata bor adalah alat yang digunakan untuk membuat lubang pada suatu material, dan hampir selalu berbentuk lingkaran. Mata bor juga tersedia dalam berbagai jenis dan diameter tergantung pada jenis bahan yang akan dibor dan ukuran lubang yang dibutuhkan

Pemilihan mata bor yang tepat merupakan hal penting dalam menyelesaikan pekerjaan bor. Salah pemilihan mata bor dapat merusak mata bor itu sendiri sehingga usianya tidak dapat tahan lama dan juga merusak permukaan bahan material yang digunakan atau memperpanjang waktu penyelesaian proyek. Sebaiknya juga bijak dalam pemilihan paket mata bor yang disediakan oleh brand-brand yang ada di pasaran.  

Bagaimana Memilih Mata Bor yang Terbaik?

cara memilih mata bor yang terbaik

Untuk memilih bor yang tepat untuk aktivitas Anda, Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu bahan yang akan dibor. Setiap material memiliki kekerasan dan sifat mekanik tertentu. Inilah sebabnya mengapa banyak orang memiliki banyak mata bor yang berbeda.

Kriteria utama yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih mata bor adalah sebagai berikut:

  • Bahan mata bor: HSS atau tungsten carbide
  • Kecocokan: tergantung pada mesin bor yang digunakan.
  • Diameter mata bor
  • Jenis mata bor: twist, step, reamer, center, conical, insert
  • Lapisan mata bor
  • Sudut mata bor
  • Panjang mata border

Baca Juga: Jangan Salah Begini Cara Membedakan Mata Bor Besi dan Beton

Paket Mata Bor Apa yang Cocok dengan Bahan Material yang Akan Dibor?

menentukan paket mata bor yang cocok dengan material

Sebelum memilih paket mata bor, pastikan untuk mempertimbangkan jenis bahan material yang akan digunakan. Mata bor yang tepat untuk kayu tidak sama dengan mata bor untuk logam atau beton. Pastikan untuk memilih mata bor yang tepat untuk jenis bahan yang akan digunakan. Mata bor yang tercantum di bawah ini adalah mata bor yang paling umum digunakan.

  1. Bahan material kayu: mata bor jenis ini dapat digunakan pada kayu apa saja, baik itu kayu lunak, kayu keras, veneer atau kayu lapis.
  2. Bahan material logam atau besi: mata bor jenis ini digunakan untuk mengebor segala jenis logam. Dalam hal mata bor untuk logam, sisipan hanya digunakan untuk peralatan mesin.
  3. Mata bor untuk bata: mata bor baja ini memiliki ujung karbida tungsten yang dibrazing.
  4. Mata bor untuk ubin dan kaca: mata bor ini terlihat seperti tombak kecil. Biasanya mata bor ini digunakan dengan kecepatan pengeboran yang rendah.

Paket Mata Bor Berdasarkan Tipe-Tipenya

paket mata bor berdasarkan tipenya

Bahan material yang digunakan pada mata bor hanya merupakan setengah dari cerita. Anda juga dapat memilih paket mata bor berdasarkan jenis lubang yang akan diciptakan. Ada banyak jenis dan ukuran paket mata bor, berikut beberapa yang paling umum:

  1. Mata Bor Twist

Paket mata bor jenis ini adalah yang sering digunakan oleh DIYer di rumah. Mata bor ini dirancang khusus untuk memotong besi atau logam, tetapi juga dapat berfungsi dengan baik untuk bahan material seperti kayu dan plastik. Mata bor twist bit biasanya terbuat dari baja tahan karat yang membuatnya lebih serbaguna. Paket mata bor ini akan tersedia dalam berbagai diameter dan panjang yang berbeda. Ciri khas paket mata bor ini memiliki ujung yang tajam dan runcing dengan beberapa alur melingkar ke bawah pada batang mata bor. Ketika ujungnya ditekan ke permukaan, mata bor ini akan memecah bahan tersebut dan mengalirkannya keluar melalui alur. Ini menciptakan lubang yang bersih dan akurat di permukaan.

  1. Mata Bor Obeng

Paket mata bor jenis ini digunakan untuk memasukkan sekrup ke dalam permukaan bahan, dan disinilah peran mata bor obeng berperan. Mata bor obeng tidak memiliki mata potong pada ujung batang, melainkan memiliki pengaitan. Mata bor ini dimasukkan ke dalam chuck bor seperti biasa, dan dapat digunakan untuk memasukkan sekrup ke dalam lubang pilot. Anda juga dapat menggunakan mata bor obeng untuk membantu melonggarkan sekrup yang ketat. Cukup pasang bor dalam posisi mundur dan sekrup yang sulit dapat keluar dengan mudah.

  1. Mata Bor Masonry

Paket mata bor ini memiliki desain yang mirip dengan mata bor twist, tetapi dirancang khusus untuk mengebor pada material bata dan beton. Ujung mata bor ini sedikit berbeda, dan memiliki alur yang lebih lebar untuk dapat membuat lubang pada permukaan yang keras. Mata bor masonry biasanya juga terbuat dari baja tahan karat, tetapi ada beberapa produsen yang menggunakan kobalt dan karbida agar lebih keras. Beberapa mata bor masonry dirancang khusus untuk digunakan dengan bor martil. Alih-alih memutar mata bor, bor martil menggerakkan mereka maju dan mundur dalam gerakan pukulan. Jenis mata bor masonry ini biasanya menggunakan shank SDS atau Hex untuk dipasang pada bor martil

8 Alasan Membeli Mata Bor dalam Bentuk Paket:

Jika kita sudah mengerti berbagai macam paket mata bor yang telah ada. Maka sebaiknya kita perlu mempertimbangkan apakah akan membeli dalam 1 paket khusus atau hanya membelinya secara satuan. Berikut ini alasan kenapa kita perlu membeli mata bor dalam 1 paket 

alasan membeli paket mata bor
  1. Ukuran Mata Bor

Jika dalam bentuk paket maka akan tersedia mata bor dalam beragam ukuran. Ukuran mata bor yang tepat juga sangat penting. Pastikan untuk memilih mata bor yang tepat untuk ukuran lubang yang ingin dibuat. Mata bor yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat merusak bahan yang digunakan.

  1. Kualitas Mata Bor

Jangan mengesampilan kualitas mata bor yang digunakan. Walaupun mata bor yang dibeli dalam bentuk paket biasanya memiliki kualitas yang dijamin. Merek terkenal biasanya menyediakan mata bor berkualitas tinggi dalam paket. Dengan membeli mata bor dari merek terkenal, Anda dapat memastikan kualitas dan ketahanannya.

  1. Terjangkau Secara Harga

Membeli mata bor dalam bentuk paket biasanya lebih terjangkau secara finansial dibandingkan dengan membeli satu per satu. Harga yang ditawarkan dalam paket seringkali lebih murah daripada membeli produk-produk tersebut secara terpisah.

  1. Hemat Waktu

Dengan membeli mata bor dalam bentuk paket, Anda tidak perlu berlama-lama mencari dan membeli satu per satu. Hal ini akan menghemat waktu dan energi Anda.

  1. Lebih Praktis

Membeli mata bor dalam bentuk paket juga lebih praktis. Anda tidak perlu membeli satu per satu, dan Anda juga tidak perlu mencari-cari di mana letaknya ketika ingin menggunakannya. Semua mata bor yang Anda butuhkan sudah tersedia dalam satu paket.

  1. Banyak Bonus Tambahan

Banyak bonus tambahan pada paket mata bor. Biasanya bonus tambahan yang diberikan seperti koper atau tas untuk menyimpan mata bor. Ada juga yang dilengkapi dengan alat bantu seperti obeng atau kunci inggris.

7. Variasinya Lebih Banyak

Mata bor dalam bentuk paket biasanya lebih bervariasi. Anda dapat memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada paket untuk metal, kayu, beton, keramik, dan masih banyak lagi.

8. Cocok untuk Pemula

Bagi pemula, membeli mata bor dalam bentuk paket bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda tidak perlu bingung memilih mata bor yang tepat karena sudah ada dalam satu paket. Selain itu, paket mata bor biasanya dilengkapi dengan panduan penggunaan yang membantu Anda menggunakannya dengan benar.

Secara keseluruhan, membeli mata bor dalam bentuk paket bisa menjadi pilihan yang cerdas dan hemat biaya. Proses pengeboran menjadi lebih mudah dan efisien. Selain alasan membeli dalam bentuk paket, pastikan juga untuk mempertimbangkan jenis bahan, ukuran mata bor, kualitas mata bor, merek, pilihan mata bor, kualitas batang mata bor, harga, kemampuan memotong, kemampuan pendinginan, dan pilihan warna saat memilih paket mata bor yang tepat untuk pekerjaan Anda. Untuk itu, kami merekomendasikan mencari segala keperluan mata bor paket hanya di Ingcotools dan jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk berkonsultasi ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu

Join INGCOmmunity Join INGCOmmunity