Mengenal 10 Peralatan Bengkel Motor yang Wajib Dimiliki

alat perkakas bengkel motor

Jika Anda memiliki keinginan untuk membuka sebuah usaha bengkel motor, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan peralatan bengkel itu sendiri. Dalam aktivitas perbengkelan, pasti Anda akan dihadapkan dengan peralatan yang harus lengkap agar tidak mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan pembongkaran atau hal lain yang berhubungan dengan motor. Untuk mengantisipasinya, berikut alat perkakas bengkel yang wajib dimiliki.

2 Jenis Alat Perkakas Bengkel Yang Umumnya Dipersiapkan

jenis alat perkakas bengkel

Peralatan Bengkel Sepeda Motor manual

Peralatan ini masih menggunakan atau memakai tenaga tangan (hand tool)

Peralatan Bengkel Sepeda Motor Mesin

Peralatan yang umumnya sudah menggunakan bantuan mesin (mesin tools or power tool)

Dalam artikel ini, akan lebih dijelaskan lebih lanjut terkait beberapa alat yang digunakan untuk melakukan aktivitas perbengkelan dengan menggunakan tenaga tangan atau hand tools. Jika Anda membutuhkan hand tools untuk melengkapi peralatan bengkel Anda, jangan ragu untuk menghubungi Ingcotools, karena kami menyediakan alat perkakas bengkel berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Peralatan Bengkel Sepeda Motor dengan Alat Manual/Hand Tools

alat perkakas bengkel hand tools

Peralatan bengkel sepeda motor dengan alat manual, juga dikenal sebagai hand tools, merupakan komponen penting dalam setiap bengkel sepeda motor. Dalam menjaga dan memperbaiki sepeda motor, alat-alat ini digunakan untuk memasang, melepas, dan memperbaiki berbagai komponen. Berikut adalah 10 hand tools yang wajib dimiliki dalam dunia perbengkelan:

1. Set Kunci Pas & Kunci Ring

Digunakan untuk memasang dan melepas mur dan baut dengan berbagai ukuran kepala kunci. beberapa set kunci pas dan kunci ring yang wajib dimiliki yaitu set kunci pas metrik, set kunci pas imperial, set kunci ring metrik, dan set kunci ring imperial. Pastikan untuk memilih set kunci pas dan kunci ring yang berkualitas baik dan terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama

2. Kunci Soket

Kunci soket adalah alat perkakas bengkel yang digunakan untuk memasang dan melepas mur dan baut dengan cepat dan efisien. Kunci soket terdiri dari pegangan yang dapat digenggam dan soket yang cocok dengan ukuran mur atau baut yang akan dilepas atau dipasang. Kunci soket memiliki pegangan yang seringkali berbentuk huruf L atau T agar mudah digunakan dan memberikan kekuatan torsi yang cukup. Soket yang terpasang pada ujung kunci soket dapat diganti-ganti sesuai dengan ukuran mur atau baut yang akan dioperasikan. Kunci soket digunakan dengan cara memasukkan soket yang sesuai dengan ukuran mur atau baut pada ujung kunci soket, kemudian digunakan dengan memutar pegangan kunci soket searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam untuk melepas atau memasang mur atau baut.

2. Kunci L

Kunci L adalah alat perkakas yang memiliki bentuk huruf L, dengan ujung satu sisi berbentuk hexagonal (sekrup dengan kepala hexagonal) dan ujung lainnya sebagai pegangan. Kunci L digunakan untuk memasang dan melepas sekrup dengan kepala hexagonal. Kunci L digunakan dengan memasukkan ujung hexagonal yang sesuai dengan kepala sekrup, kemudian digunakan dengan menggenggam pegangan dan memutar sekrup searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam untuk melepas atau memasangnya.

4. Obeng

Obeng, atau yang juga dikenal sebagai screwdriver, adalah salah satu alat perkakas bengkel paling umum yang wajib dimiliki dalam bengkel sepeda motor. Fungsi utama obeng adalah untuk mengencangkan atau melonggarkan baut atau sekrup. Alat ini membantu dalam perakitan, perbaikan, dan perawatan sepeda motor dengan memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memanipulasi baut atau sekrup dengan mudah. Untuk menggunakan obeng, Anda perlu memasukkan ujung obeng yang sesuai dengan kepala baut atau sekrup. Kemudian, pegang pegangan obeng dengan kuat dan putar dengan gerakan searah jarum jam untuk mengencangkan atau berlawanan jarum jam untuk melonggarkan baut atau sekrup.

5. Tang

Tang adalah alat perkakas yang memiliki dua pegangan yang saling berhubungan di satu ujung dan dua rahang yang dapat bergerak di ujung lainnya. Tang digunakan untuk memegang, memotong, membengkokkan, atau merapikan benda-benda seperti kawat, kabel, pipa, dan komponen lainnya. Ada berbagai jenis tang yang digunakan dalam bengkel sepeda motor, diantanranya tang kombinasi (combination pliers), tang lurus (needle nose pliers) dan juga tang pipa (pipe pliers).

6. Palu

Palu digunakan untuk memukul, memaku, atau memperbaiki benda dengan menggunakan kekuatan tumbukan. Ada beberapa jenis palu yang digunakan dalam bengkel sepeda motor, seperti Palu pemukul (hammer) untuk memberikan tumbukan pada benda, Palu memaku (mallet) untuk memaku benda tanpa merusak permukaannya, dan juga palu bola (ball-peen hammer) untuk memukul dan membentuk logam. Kepala palu biasanya terbuat dari baja padat yang tahan lama, sedangkan pegangan dapat terbuat dari kayu, fiberglass, atau logam.

7. Kunci Inggris

Kunci inggris digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan baut, mur, atau fitting yang memiliki ukuran yang berbeda. Dengan kemampuan mengatur lebar rahangnya, kunci inggris dapat digunakan untuk berbagai ukuran baut atau mur. Untuk menggunakan kunci inggris, pengguna perlu mengatur lebar rahang agar sesuai dengan ukuran baut atau mur yang akan digunakan. Kemudian, kunci inggris ditempatkan pada baut atau mur tersebut dan pegangan diputar untuk mengencangkan atau melonggarkannya.

8. Pengukur Celah Busi

Pengukur celah busi, juga dikenal sebagai pengukur jarak elektroda busi, adalah alat perkakas bengkel yang digunakan untuk mengukur celah yang sesuai antara elektroda pusat dan elektroda tanah pada busi. Fungsi utama pengukur celah busi adalah untuk memastikan bahwa celah busi sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan sepeda motor. Celah yang tepat memastikan pembakaran yang efisien, penghematan bahan bakar, dan kinerja mesin yang optimal. Untuk menggunakan pengukur celah busi, Anda perlu memasukkan ujung pengukur yang sesuai dengan celah busi. Kemudian, Anda dapat membaca hasil ukuran pada skala atau pengukur yang terdapat pada alat.

9. Penjepit

Penjepit, juga dikenal sebagai kunci penjepit atau vice grip berguna untuk mengunci atau memegang komponen yang perlu diperbaiki atau diganti. Penjepit umumnya terbuat dari baja tahan karat atau logam yang kuat. Mereka memiliki pegangan yang nyaman dan dua rahang yang dapat disesuaikan. Rahang dapat dikunci pada posisi tertentu untuk menjaga penjepitan yang kuat. Untuk menggunakan penjepit, Anda perlu membuka rahang hingga cukup lebar untuk memasukkan benda yang akan dipengkat. Kemudian, rahang ditekan dengan kuat menggunakan pegangan untuk menjepit benda tersebut. Beberapa penjepit juga dilengkapi dengan mekanisme pengunci untuk menjaga kekuatan penjepitan.

10. Pemotong Pipa

Pemotong pipa adalah alat yang dirancang khusus untuk memotong pipa dengan akurat dan presisi. Alat ini digunakan untuk memotong pipa logam atau plastik dengan berbagai diameter. Ada beberapa jenis pemotong pipa yang tersedia, diantaranya pemotong pipa bergerigi (pipe cutter) untuk memotong pipa secara bertahap dan juga pemotong pipa roda (tube cutter) yang menggunakan roda pemotong yang memutar dan memotong pipa saat ditekan ke pipa.

Beberapa hand tools di atas adalah alat bengkel manual yang wajib dimiliki sebelum membuka sebuah usaha bengkel. Pastikan semua alat tersebut sudah Anda miliki sebelum memulai usaha perbengkelan, agar pada saat ada motor yang perlu diperbaiki, Anda sudah tidak perlu kebingungan mencari alat karena semua sudah lengkap dan tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Main Menu

Join INGCOmmunity Join INGCOmmunity